Kamis, 19 Desember 2024

PP X - BHINNEKA TUNGGAL IKA

  

Sekarang kita akan mempelajari elemen Bhinneka Tunggal Ika. Secara garis besar, materi yang dibahas adalah terkait dengan asal usul dan makna Bhinneka Tunggal Ika, membangun keharmonisan / kerukunan hidup bersama dalam kebersamaan, serta membangun ekonomi pancasila berasakan gotongroyong. Berikut adalah capaian pembelajarannya : "Menyajikan asal usul dan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai modal sosial; membangun harmoni dalam keberagaman; dan mengenal gotong royong sebagai perwujudan sistem ekonomi Pancasila yang inklusif dan berkeadilan". Capaian pembelajaran ini akan dituntaskan pada tingkat X (sepuluh) fase E. Dari capaian pembelajaran tersebut dijabarkan kedalam Alur Tujuan Pembelajaran sebagai berikut : 


1.  Menyajikan hasil penelusuran tentang asal usul dan makna semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"
Pada tujuan pembelajaran ini membahas asal usul dan makna Bhinneka Tunggal Ika. Peserta didik diharapkan mampu memahami asal usul dan makna Bhinneka Tunggal Ika secara mandiri dari berbagai sumber dengan bimbingan guru.  Berikut adalah Bahan Ajar tujuan pembelajaran ini. Sebagai petunjuk kerja kelompok, bisa dilihat LKPD ini. Untuk tugas dikirim kesini. 

2.  Membangun harmoni dalam keberagaman
Pada tujuan pembelajaran ini, peserta didik diarahkan untuk mampu mengelola keberagaman dengan kebersamaan, sehingga menimbulkan kerukunan (harmonis) dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.  Untuk Bahan Ajar bisa dibaca disini. tugas dikirim kesini. 

3.  Menelaah sistem ekonomi pancasila
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk menelaah penerapan sistem ekonomi pancasila yang berbasis nilai-nilai gotong royong.  Untuk Bahan Ajar bisa dibaca disini. tugas dikirim kesini. Tugas kirim kesini. 

4.  Menafsirkan konsep kesejahteraan yang berkeadilan berdasarkan konstitusi UUD 1945
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk mampu memahami konsep kesejahteraan yang berkeadilan menurut UUD 1945.Untuk lebih jelasanya silahkan baca  Bahan Ajar berikut ini. 

5.  Menafsirkan berdikari dalam perekonomian 
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk mampu memahami konsep berdikari dalam hal ekonomi. Untuk lebih jelasanya silahkan baca  Bahan Ajar berikut ini. 

6.  Menganalisis program revitasliasi ekonomi  rakyat Indonesia
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk mampu membuat konsep rancangan revitalisasi ekonomi yang berbasis nilai-nilai gotong royong dari unsur masyarakat. Untuk lebih jelasanya silahkan baca  Bahan Ajar berikut ini. 

0 comments:

Posting Komentar