Minggu, 07 Juli 2024

PP XII PANCASILA

 

Selamat kalian telah naik ke tingkat XII (dua belas), semoga materi pembelajaran di tingkat X (sepuluh) dan XII (sebelas) bisa kalian fahami . Untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kali ini akan mempelajari elemen PANCASILA dengan Capaian Pembelajaran sebagai berikut: "Mendeskripsikan rumusan dan keterkaitan sila-sila dalam Pancasila; menganalisis kedudukan Pancasila sebagai ideologi negara serta peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global dan membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari". Capaian pembelajaran tersebut telah disusun menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dimana sebagian ATP telah di pelajari di tingkat XI (Sebelas), karena masih dalam satu fase F. Sebelum melanjutkan kegiatan pembelajaran, maka silahkan isi Asesmen Diagnostik.  Adapun ATP yang akan dipelajari di tingkat XII (Dua belas) ini diantaranya:

  1. Memproyeksikan dinamika pancasila sebagai ideologi terbuka ditengah perkembangan IPTEK global
    Pada tingkat XI (sebelas) telah dibahas tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka, nah kali ini kalian akan mempelajari apakah Pancasila dapat berubah seiring perkembangan zaman? Apakah perubahannya secara tekstual ? atau perubahan secara makna saja? Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari Bahan Ajar berikut, serta hasil kerja dapat dikirim kesini. Sebagai salahsatu referensi terkait ideologi, silahkan kalian simak Video ini. 

  2. Merekomendasikan langkah strategis sekolah dalam menghadapi tantangan global yang mengganggu kemurnian nilai-nilai pancasila 
    Setelah kalian memproyeksikan dinamika Pancasila sebagai ideologi terbuka, sekarang kita pelajari bagaimana seharusnya sekolah sebagai lembaga pendidikan mampu membuat langkah-langkah strategis dalam menghadapi tantangan global yang dapat mengganggu kemurnian nilai-nilai Pancasila. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian pelajaran Bahan Ajar ini. 

  3. Merefleksi penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada diri sendiri  
    Pada pertemuan ini disajikan nilai-nilai pancasila menurut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Silahkan kalian melakukan refleksi diri terkait penerapan nilai-nilai pancasila tersebut dalam kehidupan dilingkungan sekolah dan keluarga/ masyarakat. Setelah itu, masing-masing peserta didik diarahkan untuk menentukan satu perilaku dirinya dilingkungan sekolah yang belum sesuai dengan nilai pancasila, kemudian berkomitmen untuk segera memperbaikinya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Bahan Ajar terkait materi ini, kemudian LKPD dapat dikirim kesini. Berikut kumpulan portofolio kegiatan. 

  4. Membangun komitmen perbaikan perilaku diri yang belum sesuai nilai-nilai Pancasila 
    Setelah kalian merefleksikan perilaku terhadap nilai-nilai Pancasila, sekarang kalian buat komitmen perbaikan diri untuk menjadi manusia / masyarakat Indonesia yang paripurna ( baik secara fikir dan baik secara akhlak). Silahkan kalian pelajari Bahan Ajar terkait materi ini, untuk pengumpulan tugasnya dikirim kesiniBerikut kumpulan portofolio kegiatan. 

  5. Membangun komitmen bersama dalam kelas terkait perbaikan perilaku diri yang belum sesuai nilai-nilai Pancasila 
    Setelah masing-masing peserta didik merumuskan strategi perbaikan perilaku dilingkungan sekolah, maka kali ini kalian diarahkan untuk melakukan komunikasi dengan rekan sekelas terkait perilaku kalian yang akan diperbaiki. Cari perilaku yang sama dengan rekan lain, kemudian diskusikan rumusan strateginya, kemudian buat komitmen kelas terkait perilaku apa saja yang akan segera diperbaiki dalam bentuk "Pakta Integritas". Silahkan baca Bahan Ajar terkait materi ini, untuk tugasnya dapat dikirim 
    kesiniBerikut kumpulan portofolio kegiatan. 

1 komentar: