Kamis, 04 Januari 2024

PP XI Bhinneka Tunggal Ika

Sekarang kita akan mempelajari elemen Bhinneka Tunggal Ika. Secara garis besar, materi yang akan dibahas adalah terkait potensi konflik dalam keberagaman serta praktik gotong royong dalam membangun kebersamaan dan kerkukunan hidup bersama. Berikut adalah capaian pembelajarannya : "Menganalisis potensi konflik dan bersama-sama memberi solusi yang berkeadilan terhadap permasalahan keberagaman di masyarakat; menginisiasi kegiatan bersama dengan  prinsip  gotong  royong  dalam  praktik hidup sehari-hari". Capaian pembelajaran ini akan dituntaskan pada tingkat XI ( sebelas) dan tingkat XII ( dua belas ) fase F. Dari capaian pembelajaran tersebut dijabarkan kedalam Alur Tujuan Pembelajaran untuk tingkat XI (sebeslas) adalah sebagai berikut : 

1.  Menilai potensi konflik ditengah keberagaman dalam masyarakat
Pada tujuan pembelajaran ini membahas pengertian potensi konflik, faktor penyebab konflik serta menilai beberapa permasalahan nasional mauapun global, apakah permasalahan tersebut berpotensi konflik atau tidak. Berikut adalah Bahan Ajar tujuan pembelajaran ini. Sebagai petunjuk kerja kelompok, bisa dilihat LKPD ini. Untuk tugas dikirim kesini. 

2.  Merumuskan solusi atas konflik ditengah keberagaman dalam masyarakat 
Pada tujuan pembelajaran ini, peserta didik diarahkan untuk mampu merumuskan solusi dari potensi konflik yang muncul agar konflik tidak terjadi.  Untuk Bahan Ajar bisa dibaca disini.  Sebagai petunjuk kerja, buka LKPD ini. Tugas dikirim kesini. 

3.  Menampilkan peran serta warga negara dalam penyelesaian konflik 
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk berperan aktif dalam kegiatan konkret  menumbuhkan kerjasama (gotong royong) sebagai sarana penumbuhan kerjasama, kerukunan dan kebersamaan dalam hal positif.   Untuk  Bahan Ajar bisa dibaca disini. Sebagai panduan kerja peserta didik, bisa dilihat pada LKPD.

4.  Merencanakan kegiatan kelompok dalam membangun kelas yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan juara. 
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk menyusun perencanaan yang kreatif, inovatif, kolaboratif dalam menata kelas yang terbaik. Untuk lebih jelasanya silahkan baca  Bahan Ajar berikut ini. Sebagai referensi kegiatan, dapat digunakan LKPD.

5.  Membuat program kegiatan bersama (kelas) yang telah disepakati untuk membangun kelas yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan juara 
Pada tujuan pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk mampu membuat program kelas juara yang bisa diimplementasikan menjadi aksi nyata penataan kelas terbaik. Untuk lebih jelasanya silahkan baca  Bahan Ajar berikut ini. Bentuk laporan bisa berupa video ( Contoh Video ) atau laporan tertulis ( Contoh Laporan Tertulis ).


0 comments:

Posting Komentar